9 November 2010

 WELLCOME OBAMA
 Agun Awan, S.Pd. (Jl.Bandar Ngalim Gg.II/1-A. Bandar Kidul, Mojoroto, Kediri, Indonesia)

Obama Kritik Pembangunan Permukiman Israel
Indonesia tetap menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.
Selasa, 9 November 2010, 20:55 WIB

Presiden Obama tiba di Istana Merdeka (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)
VIVAnews - Dalam pertemuan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terdapat juga pembahasan mengenai konflik Israel - Palestina. Dalam kesempatan ini, Indonesia tetap menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.


Hal ini diungkapkan Presiden BY saat konferensi pers bersama dengan Presiden Barack Obama di Istana Merdeka, 9 November 2010. "Posisi Indonesia sangat jelas terhadap masalah Palestina dan Israel. Yakni penyelesaian secara permanen," kata Presiden Yudhoyono.

Sementara itu Presiden Obama mengkritik pembangunan permukiman di Yerusalem Timur yang terus dilakukan Israel. Menurut Obama, pembangunan permukiman tidak membantu dalam menciptakan perdamaian di Timur Tengah.

"Saya prihatin melihat masing-masing pihak tidak mengupayakan adanya terobosan bagi perdamaian. Ini adalah untuk kepentingan dunia, dan Israel - Palestina harus mencapai kesepakatan ini," ucap Obama.


OBAMA - MEGAWATI

Obama Berdiri dan Hampiri Megawati
Sesaat sambutan selesai, tiba-tiba, Obama beranjak dari kursinya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mencairkan ketegangan suasana jamuan makan malam kenegaraan. Bahkan, di luar protokolar jamuan makan malam, Obama tiba-tiba berdiri dan menghampiri Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri.

Jamuan makan kenegaraaan Obama dan Michelle Obama digelar di Ruang Cresidensial, Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 9 November 2010, sekitar pukul 20.00 WIB.

Kata sambutan dari pembawa acara sudah dibuka, "Terima kasih kepada Yang Mulia Presiden Barack Obama yang kembali ke Indonesia." Kata-kata 'kembali' itu menciptakan gemuruh tepuk tangan dari para undangan yang hadir di jamuan kenegaraan ini.

Obama duduk diapit Presiden SBY dan Ibu Negara RI Ani Yudhoyono. SBY bersanding juga dengan Ibu Negara Amerika Michelle Obama.

Duduk di sebelah kanan Ani Yudhoyono duduk Ketua MPR Taufiq Kiemas. Sedangkan istri Taufiq Kiemas, yang juga mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri duduk di sebelah kiri Michelle Obama.

Sesaat sambutan selesai, tiba-tiba, Obama beranjak dari kursinya. Obama berjalan ke arah kiri melewati Presiden SBY dan Michelle Obama. Obama berhenti di kursi Megawati Soekarnoputri. Kejutan.

Obama tiba-tiba menghampiri dan menjulurkan tangan untuk bersalaman dengan Megawati. Megawati masih dalam posisi duduknya di kursi. Tampak ada perbincangan sesaat antara keduanya. Entah apa yang dibicarakan.

Obama ibarat mempertemukan SBY dan Megawati. Ini pertamakalinya bagi Megawati menginjakkan kaki lagi di Istana sejak 1999. Usai bersalaman dengan Megawati, Obama menghampiri beberapa pejabat tinggi RI lainnya seperti Menlu Marty Natalegawa, Ketua DPR Irman Gusman, dan Ketua MK Mahfud MD. 


OBAMA BERI KULIAH di UNIVERSITAS INDONESIA
Besok Obama Berikan Kuliah Umum Kepresidenan
Presiden Obama akan menyinggung demokrasi, pembangunan, pluralisme, & toleransi beragama.
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Hussein Obama direncanakan bakal memberikan kuliah umum kepresidenan (presidential lecture) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok besok pagi.
Menurut Juru Bicara Universitas Indonesia Vishnu Juwono, kuliah umum ini akan digelar di Balairung UI yang memiliki kapasitas hingga 10 ribu pengunjung. Kuliah umum ini rencananya juga mengundang berbagai elemen dari masyarakat sipil.
Mulai dari mantan Presiden dan Wakil Presiden RI, para pejabat negara, kalangan pemuka agama, pemimpin organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, serta civitas academica. 
Namun, Vishnu belum bersedia mengungkapkan siapa saja tokoh yang akan hadir dalam kuliah umum kepresidenan tersebut. "Kami masih berusaha untuk mengkonfirmasi kehadiran para tokoh yang kami undang," ujar Vishnu kepada VIVAnews
Ia mengatakan, tema yang akan disampaikan oleh Presiden Obama, yaitu mengenai demokrasi, pembangunan, pluralisme, dan toleransi beragama di Indonesia. 
Vishnu menjelaskan, diperkirakan Obama akan mengeluarkan pernyataan penting seperti halnya pernyataan yang dibuat Obama di Universitas Cairo pada 4 Juni 2009 yang merefleksikan pandangannya terhadap hubungannya dengan negara-negara Islam.
"Dalam kuliahnya nanti, sepertinya Presiden Obama akan mengaitkan antara pengalaman pribadinya hidup di Indonesia dengan harapannya agar Islam bisa berjalan seiring dengan demokrasi," Vishnu menjelaskan.
Namun, Vishnu menambahkan, dari keterangan yang diberikan oleh Wakil Penasihat Keamanan Presiden kepada pihak UI, Presiden Obama tidak secara spesifik membahas masalah terorisme dalam kuliah nanti.
Hingga kini Vishnu juga belum bisa memastikan pukul berapa kuliah umum kepresidenan Presiden Obama akan dilangsungkan. "Kami masih akan menyesuaikan waktu dengan rombongan Presiden Obama." 


OBAMA PERTEMUKAN SBY - MEGA di ISTANA
Ini kali pertama Mega menginjakkan kakinya lagi di Istana Negara.

Sudah menjadi rahasia umum kalau hubungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri kurang harmonis. Berulang kali Mega mengabaikan undangan SBY ke Istana Negara. Namun undangan malam ini tak ditampik Mega. Sebabnya hanya satu, ada Presiden AS Barack Obama di sana.

Megawati terlihat di antara tamu negara yang diundang dalam jamuan makan malam yang digelar Istana Negara untuk menyambut kedatangan Presiden Barack Obama.

Mega yang juga istri Ketua MPR Taufiq Kiemas tampak mengenakan blus warna off white. Selendang warga ungu tersampir di pundaknya, dan rambutnya tampak bersanggul. Dalam jamuan makan malam kenegaraan Mega terlihat duduk di sebelah kiri istri Obama, Michelle Obama.
Sementara di sebelah kanan Michelle duduk Presiden SBY. Berurutan di sebelah SBY adalah Obama, Ibu Any Yudhoyono dan Taufik Kiemas.
Sebelumnya, saat menunggu kedatangan Obama, Mega terlihat berbincang akrab dengan Ketua DPD RI Irman Gusman.

Kedatangan Mega ke Istana ini untuk yang pertama kalinya sejak ia tak menjabat lagi sebagai Presiden. Berulang kali Mega menepis undangan SBY, sekali pun untuk menghadiri peringatan upacara 17 Agustus. Selama enam tahun Mega tidak pernah menginjakkan kaki di Isana Merdeka.

Meski begitu di sejumlah kesempatan Mega dan SBY pernah bertemu. Di antaranya di Gedung KPU saat pilpres tahun lalu. Di sinilah untuk pertama kalinya Mega dan SBY bersalaman. Di Hari Pancasila pada 1 Juni 2010 lalu, Mega sempat berjabatan tangan dengan SBY. 

Buatmu : Ainun Fitria, Sandhi & Wanodya.


Tidak ada komentar: