19 Oktober 2010

GEBYAR LIBURAN di SURAMADU

Agun Awan, S.Pd. (Jl.Bandar Ngalim Gg. II/1-A, Bandar Kidul, Mojoroto, Kediri, Indonesia)
 
Musim Liburan, Trafik di  Suramadu Melonjak  

Angin mendesau menggiring ombak kecil menampar pantai. Tatkala itu, nafas pengunjung terengah-engah saat berjalan menelusuri wajah ayu suramadu, Trafik di Suramadu Melonjak Selama musim liburan tahun 2010 (Juni/Juli) jumlah kendaraan yang melintasi Jembatan Suramadu meningkat. Dari data lalu lintas yang dilansir pihak Jasa Marga yang diperoleh suramadu.com  memperlihatkan  peningkatan pengguna lalu lintas yang besar khususnya pada saat akhir pekan.

Jika rata-rata kendaraan yang lewat Suramadu  pada hari biasa sekitar 16 ribu  sampai 18 ribu  kendaraan roda dua atau sepeda motor, pada musim liburan kali ini mencapai 18-20 ribu  kendaraan perhari . Pada akhir pekan, seperti tanggal 26 dan 27 Juni 2010 yang lalu, sepeda motor yang lewat mencapai  25 ribu dan 32 ribu  kendaraan perharinya.
Untuk kendaraan roda 4 khususnya golongan I dan II jika pada hari biasa mencapai 7 – 8 ribu kendaraan, maka pada musim liburan kali ini mencapai 9 – 11 ribu, pada akhir pekan tertinggi mencapai 14 ribu kendaraan.
Secara pendapatan juga terjadi peningkatan, jika sebelumnya pada hari biasa mencapai Rp 320 juta maka pada musim liburan mencapai Rp 423 juta pada  minggu ke empat bulan Juni atau mengalami kenaikan 30 %. Pada bulan juni ini tercatat pendapatan tertinggi toll Suramadu dari kedua gerbang Tol Surabaya dan Madura  yang  mencapai RP 546 juta, yaitu pada tanggal 27 Juni 2010.
“Kami telah mengantisipasi lonjakan ini sebelumnya,” kata Suharyono, kepala Gerbang Tol Suramadu dari PT Jasa Marga kepada suramadu.com. “Jika pada hari biasa ada  5 toll gate, maka khusus pada saat akhir pekan kami tambah menjadi 7 petugas, jadi ada petugas yang bersiap di depan pintu toll” ungkapnya lebih lanjut.
JIka melihat dari pengalamanan sebelumnya, saat akhir pekan atau menjelang liburan pada pintu toll sepeda motor sering terjadi antrean, maka petugas siap membuka satu pintu di jalur kendaraan roda emoat untuk menampung pengguna sepeda motor Jembatan Suramadu.
“Kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengguna Jembatan Suramadu, “ ungkap Suharyono mengakhiri penjelasannya.
Buatmu : Inung, Sukma & Savana.

Tidak ada komentar: