13 Oktober 2010

GORESAN APIK AURORA di CANADA
Agun Awan, S.Pd. (Jl.Bandar Ngalim Gg.II/1-A,Bandar Kidul,Mojoroto,Kediri,Indonesia)
Headline 
Masyarakat kini bisa memanfaatkan komputer mereka untuk mengagumi keindahan aurora di bumi utara, dari layanan online yang disediakan Badan Antariksa Kanada.

Ottawa- Masyarakat kini bisa memanfaatkan komputer mereka untuk mengagumi keindahan aurora di bumi utara, dari layanan online yang disediakan Badan Antariksa Kanada.

“Para pengamat langit di manapun dapat menemukan keajaiban cahaya utara secara langsung dari layar komputer rumah mereka,” kata presiden Badan Antariksa Kanada Steve MacLean.
“Kami berharap tontonan cahaya menakjubkan ini akan membuat Anda paham soal nilai ilmiah dari objek langit. Tidak hanya itu, Anda bisa memahami hubungan manusia dengan bintang kita, matahari,” ujarnya lagi.

Aurora terjadi saat partikel yang dikeluarkan matahari bertabrakan dengan gas di wilayah atmosfer atas bumi, sehingga mencitpakan jalinan cahaya yang seolah menari di langit malam.

Peluncuruan situs www.asc-csa.gc.ca/auroramax ini bertepatan pada awal musim aurora di Kanada bagian utara.

Musim itu biasanya dimulai pada akhir Agustus atau awal September dan berakhir pada Mei.

Para penggemar akan dimanjakan dengan tampilan aurora paling sering dan rutin saat matahari mencapai masa paling aktif dari siklus 11 tahun yang disebut solar maksimum yang diperkirakan pada 2013.

Selain menyiarkan aurora, situs ini juga memberi penjelasan di balik fenomena langit dan menawarkan tips untuk melihat dan memotret aurora.

Tidak ada komentar: