21 Oktober 2010

NGLEYANGAN WATERFALL in BANYAKAN

Agun Awan, S.Pd. (Jl. Bandar Ngalim Gg.II/1-A, Bandar Kidul, Mojoroto, Kediri, Indonesia)

Air terjun Ngleyangan ini berada di Dusun Goliman Desa Parang, Kecamatan Banyakan dengan rute praktis pasar Banyakan terus melaju kearah barat, hingga sampai pada punden Desa Goliman baru naik dengan jalan yang masih sangat alami. Lokasi ini masih berada di wilayah komplek gunung Wilis yang konon menurut Vulkanologi juga termasuk gunung api aktif. tetapi sekarang telah mati (pasca vulkanis). Andaikata pihak pariwisata memperhatian dengan serius maka mestinya dibuatlah peta wisata yang akan mempermudah bagi pengunjung menemukan lokasi pastinya. Juga perlu adanya fasilitas lain, misalnya: pasar tradisonal, tempat makan, kios cinderamata/ souvenir menarik.


Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sampai di pertigaan jalan sebelum Pasar Banyakan, berbelok ke kiri. Ikuti saja jalan pedesaan sampai menemukan Dusun Goliman. Kendaraan pribadi bisa dititipkan di rumah penduduk.
Beberapa para pencinta alam terlihat semangat menikmati suasana di lingkungan hutan. Kadangkala ketika kita jalan menuju ke lokasi air terjun tersebut berpapasan dengan penduduk setempat. Mereka biasanya mencari rumput/ pakan hewan, kayu bakar. Dari raut wajah mereka terlihat kegigihan kepribadiannya menghadapi hidup sehari-harinya yang sangat sederhana itu. Kami juga jeli memperhatikan sedikit kerusakan hutan yang disebabkan adanya penebangan liar yang dilakukan oleh oknum tertentu. Padahal, kalau kita sadar gunung Wilis ini dulu merupakan salah satu pusat obat-obatan/ herbal. Tapi sayang, sekarang agak kurang serius menjaga fungsi tersebut. Harapan para pemuda ini tidak lain agar kita terus waspada terhadap krisis hutan yang pasti akan berdampak buruk terhadap lingkungan alam maupun sosial disekitarnya.

Air terjun Ngleyangan memang menakjubkan. Tingginya -/+ 123 meter. Sebuah air terjun yang berlatar belakang batuan cadas yang garang. Tinggi dan menjulang perkasa. Sebuah kolam dibawahnya setia menampung tumpahan air yang mengalir deras dari atas. Suara air terjun terdengar bergemuruh dan hembusan uap air yang melimpah terasa dingin menyegarkan. Pemandangan yang begitu menawan.



Semoga untuk hari-hari yang akan datang, wisata air terjun Ngleyangan akan menjadi hijau kembali, akan semakin bersinar, semakin banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Amin.




Buatmu : Inung, Sukma & Savana.

Tidak ada komentar: